KERJA SAMA INTERNASIONAL ANTARA INDONESIA DENGAN JERMAN

 NAMA : KEVIN ZULMAIZAR

NPM : 14213822

KELAS : 2EA10

 

5 Bidang Kerjasama Indonesia-Jerman

Upaya peningkatan hubungan kerjasama bilateral Indonesia dan Jerman menjadi momentum yang kuat sejalan dengan kunjungan Presiden Republik Federal Jerman, Dr. Christian Wulff ke Indonesia pada tanggal 30 November - 2 Desember 2011 menjelang peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jerman pada tahun 2012. Kunjungan Presiden Republik Federal Jerman dapat dijadikan acuan dalam rangka memperkuat hubungan kerjasama bilateral Indonesia dan Jerman pada tingkat yang lebih strategis dan komprehensif.

Pertemuan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Republik Federal Jerman yang dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2011 telah membahas berbagai isu yang fundamental bagi hubungan kedua negara dan prioritas bidang kerjasama di masa mendatang.

Dalam pertemuan bilateral dimaksud, Indonesia mengusulkan untuk menjajaki peluang peningkatan kerjasama di lima bidang kerjasama strategis
Indonesia-Jerman antara lain :

Kerjasama Bidang Investasi dan Perdagangan

Investasi dan perdagangan meskipun berkembang baik, sekarang ini volume perdagangan Indonesia dan Jerman mencapai US$ 6 milyar, naik 22 persen dari tahun sebelumnya. Investasi dua tahun terakhir mencapai US$ 300 juta lebih, yang masih bisa ditingkatkan lebih tinggi lagi. Indonesia memiliki MP3EI, suatu master plan untuk percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi.
Indonesia mengundang Jerman untuk menjadi salah satu strategic partner dalam pengembangan dan investasi di Indonesia. Ekonomi domestik Indonesia terus menguat.Kondisi ini sejalan dengan upaya global mencapai pertumbuhan global yang kuat sebagaimana kerangka G-20 dan juga to rebalance equal economy, membuat perekonomian global lebih berimbang.

Kerjasama Bidang Kesehatan

Indonesia mengharapkan untuk dapat melakukan kerjasama dengan Jerman di bidang kesehatan. Jerman memiliki tehnologi dan manajemen kesehatan yang sangat maju dan Indonesia memerlukan dukungan tehnologi dan menajemen kesehatan yang lebih baik.

Kerjasama Bidang Pendidikan

Indonesia menggaris bawahi pentingnya kerjasama pendidikan di Jerman terutama pendidikan di bidang teknologi. Indonesia memerlukan ribuan engineers yang akan membangun infrastruktur, mengembangkan industri dan konektifitas pada masa 10, 20, 30 tahun mendatang.

Kerjasama Bidang Riset Teknologi dan Inovasi.

Indonesia mengusulkan kerjasama di bidang riset teknologi dan inovasi termasuk perlunya kerjasama di bidang clean energy, seperti geothermal kemudian clean coal technology dan energi ramah lingkungan.

• Kerjasama Bidang Industri Pertahanan

Indonesia mengusulkan kerjasama bidang industri pertahanan, contohnya PT. Dirgantara Indonesia, yang sekarang ada kerjasama dengan Airbus Military. Jerman memiliki kapasitas untuk industri pertahanan dan mengusulkan kerjasama yang strategis, jangka panjang yang tidak hanya meliputi procurement tetapi juga joint investment dan joint production. 

narasumber :

http://demakblogger.blogspot.com/2012/02/5-bidang-kerjasama-indonesia-jerman.html

Comments

Popular Posts